Masarees

manfaat merica untuk kesehatan

Merica adalah sebutan lain dari lada yang sering diistilahkan oleh ibu rumah tangga. Negara Indonesia adalah Negara yang mempunyai komoditas dari merica. Karena kandungan alkolid piperin dari lada sehingga sering digunakan sebagai bumbu penyedap rasa. Manfaat lada untuk kesehatan, dapat melancarkan aliran darah di sekitar kepala dan melonggarkan saluran pernapasan. Sensasi rasa pedas merica pada bumbu masakan sangat cocok untuk penderita influenza, kepala pusing, mual akibat masuk angin dan perut kembung.

Makan-makanan yang dimasak menggunakan merica sangat baik untuk kesehatan, contohnya sup, rica-rica dan steak. Lada mempunyai dua jenis yaitu lada hitam dan lada putih. Lada putih yaitu lada yang dipetik pada saat sudah matang. Kemudian kulitnya dikupas dengan cara merendam dalam air mengalir selama dua minggu, lalu selama tiga hari dijemur. Sedangkan lada hitam adalah lada yang dipetik pada saat sudah matang tapi kulitnya masih hijau, dan tanpa direndam terlebih dahulu langsung dijemur.
Tidak banyak orang yang tahu kalau lada hitam memiliki sifat lebih yang sehat. Rempah-rempah  yang satu ini sangat bermanfaat bila digunakan dalam berbagai resep dan sebagai bumbu dapur.
Di Indonesia, lada terutama dihasilkan di Pulau Bangka. Merica disebut sahang dalam bahasa Melayu Lokal seperti bahasa Banjar, Melayu Belitung, Melayu Sambas, dan lain-lain.
Beberapa macam khasiat merica di antaranya:


Mengobati impotensi.
Bahan Yang Dibutuhkan
    100 gram jahe
    1 butir telur ayam kampung
    1 butir besar jeruk nipis
    1 sendok makan kecap manis
    1 sendok teh madu murni
    7 butir merica
    3 kuncup lengkuas

Cara Pembuatan
Rimpang jahe diparut lalu diperas. Setelah itu, seduh dengan air panas secukupnya. Sisihkan.
Telur dikocok hingga halus. Sisihkan.
Jeruk nipis diperas dan diambil airnya. Sisihkan.
Merica ditumbuk halus. Sisihkan.
Campur semua bahan dan aduk rata. Minum kurang lebih setengah jam sebelum melakukan hubungan badan.

Mengobati rematik.
Bahan Yang Dibutuhkan
    13 biji merica
    jahe sebesar ibu jari
    jinten hitam secukupnya
    7 buah cengkeh
    2 buah pala
    2 buah bawang jantan
    200 cc gondopuro

Cara Pembuatan
Selain gondopuro, campurkan semua bahan lalu giling hingga halus. Lalu masukkan ke dalam gondopuro dan gunakan untuk membalur yang sakit.

Mengobati malaria.
Caranya, ambil 1/2 sendok teh merica dan kopi, lalu seduh dengan air panas. Minum ramuan ini sebelum kumat. Selain itu, siapkan juga jamu tambahan dengan menggunakan daun pepaya (ambil tangkainya), satu potong temu ireng, 1/4 genggam daun tarum, 2 biji tempe busuk, dan garam. Haluskan semua bahan tersebut lalu tambahkan 3/4 gelas air. Peras, saring, lalu minum 2 kali sehari.

Kaki bengkak pada wanita hamil.
Bahan yang dibutuhkan:
- Buah Lada hitam 10 butir
- Rimpang Lempuyang Emprit segar 1 Jari
- Daun Sirih segar 2 helai
- Arak sedikit
Cara pembuatan:
-Dipipis hingga halus dan ditambah sedikit arak.
Cara pemakaian:
- Dibalurkan pada kaki pada waktu malam sebelum tidur.
Lama pengobatan:
- Diulang sampai sembuh
Catatan
Lada dalam obat tradisional dibedakan atas:
1. Lada hitam (tidak dikupas).
2. Lada putih (buah sudah masak dikupas)..


2 Responses
  1. indonesia kayak dengan rempah2 yang sangat berkhasiat u/ kesehatan, ini lebih aman dibanding obat2 yang beredar yg mengandung bahan kimia


  2. Masarees Says:

    Dan yang tak kalah penting, bermacam bahan herbal berkhasiat obat sebenarnya tersedia di sekitar kita & sangat mudah didapatkan :)


Poskan Komentar